Resep Sate Taichan Sambal Matah - Farras Hady

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Sate Taichan Sambal Matah - Farras Hady
  • Resep Sate Taichan Sambal Matah oleh Farras Hady

    Berikut ini resep memasak Sate Taichan Sambal Matah. Resep Sate Taichan Sambal Matah yang dibuat oleh Farras Hady dapat disajikan 4 porsi.



    resep makanan Sate Taichan Sambal Matah


    Resep Sate Taichan Sambal Matah


    Porsi: 4 porsi

    Bahan-bahan

    1. 1/2 kilo sayap ayam
    2. 1/4 kulit ayam
    3. 1/4 kikil sapi
    4. Bumbu balur
    5. 5 siung bawang putih
    6. 1 sdm gula putih
    7. 1 sdt gula merah sisir
    8. 1 sdt garam
    9. 1 sdt merica bubuk
    10. 1 sdt ketumbar (yg bubuk lebih baik)
    11. 1 sdt kaldu bubuk ayam
    12. secukupnya air
    13. Sambal matah
    14. secukupnya rawit merah
    15. 8 siung bawang merah
    16. 1 sdt terasi (goreng dengan sedikit minyak)
    17. 1 butir jeruk nipis (kalo ada limau lebih baik)
    18. 2 batang serai (ambil bagian putihnya saja)
    19. 3 lembar daun jeruk
    20. 1 sdt garam
    21. 1 sdm gula putih
    22. 1 sdm minyak goreng
    23. Tambahan
    24. 3 lembar daun salam
    25. Secukupnya tusuk sate

    Cara Membuat

    1. Siapkan bahan-bahan dan alatnya. Cuci bumbu, sayap, kulit dan kikil sapinya.

    2. Haluskan bumbu balur pakai ulekan atau blender. Kalo seret bisa ditambah air 3 sdm. Bagi ke dalam tiga wadah sama banyak, sisihkan.

    3. Panaskan wajan, masukkan sayap ayam dan kulit beserta bumbu 2 bagian. Oiya, sayap ayamnya saya bagi dua seperti di gambar, sementara kulitnya belum saya potong-potong. Masak hingga ayam sedikit kering dan berminyak. Pisahkan ayam dan kulit dalam dua wadah berbeda.

    4. Untuk kikil sapi, setelah dicuci bersih dimasukkan ke dalam rebusan daun salam selama 20 menit. Rebus air dan daun salamnya bisa bareng dengan waktu kamu masak ayam.

    5. Setelah empuk, angkat kikil lalu potong-potong kotak seukuran sama. Masukkan kikil beserta bumbu yg belum dipakai ke dalam wajan bekas ayam. Boleh diberi sedikit air kalau dirasa kering. Masak dengan api sedang selama kurang lebih 10 menit. Sisihkan.

    6. Potong-potong kulit ayam seukuran, lalu tusuk pakai tusuk sate. Satu tusuk saya isi 4 potong. Kikil juga sama, saya buat 4 potong per tusuk. Untuk ayam, 1 tusuk 1 sayap. Sisihkan

    7. Buat sambal matahnya mudah sekali. Rawit, bawang, serai, dan daun jeruk dipotong tipis-tipis taruh di mangkuk. Tambahkan perasan jeruk nipis, gula, dan garam. Tumis terasi dengan sedikit minyak hingga harum, lalu tambahkan ke dalam mangkuk. Aduk-aduk kemudian sisihkan.

    8. Tadaaaa!! Taichan sambal matah homemade siap dibakar dan disajikan! Bakar taichannya bisa di atas bara atau...kompor yaa ?? Yg di gambar itu hanya sebagian saja, aslinya dapat 9 tusuk sayap, 12 tusuk kulit, dan 13 tusuk kikil! Selamat mencoba!




    Itulah Resep Sate Taichan Sambal Matah, Semoga anda menyukainya.Untuk mendapatkan berbagai resep lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. terdapat hampir satu juta resep yang tentunya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Sate Taichan Sambal Matah diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Sate Taichan Sambal Matah - Farras Hady diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Sate Taichan Sambal Matah - Farras Hady dengan alamat Url: https://iznieviolet.blogspot.com/2018/08/resep-sate-taichan-sambal-matah-farras.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.