Resep Abon Ikan Gabus (Abon Iwak Haruan) khas Banjarmasin Dari rhietnaariestina

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Abon Ikan Gabus (Abon Iwak Haruan) khas Banjarmasin Dari rhietnaariestina
  • Resep Abon Ikan Gabus (Abon Iwak Haruan) khas Banjarmasin oleh rhietnaariestina

    Inilah resep memasak Abon Ikan Gabus (Abon Iwak Haruan) khas Banjarmasin. Resep Abon Ikan Gabus (Abon Iwak Haruan) khas Banjarmasin yang ditulis rhietnaariestina cukup untuk .



    bahan dan cara membuat Abon Ikan Gabus (Abon Iwak Haruan) khas Banjarmasin


    Resep Abon Ikan Gabus (Abon Iwak Haruan) khas Banjarmasin


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 5 kg ikan haruan
    2. Santan kental dari 2 buah kelapa
    3. 3 batang serai (ambil bagin putihnya saja)
    4. 5-6 lbr daun salam
    5. 3 lbr daun jeruk
    6. 2 buah jeruk nipis (utk melumuri ikan)
    7. 5 buah kapulaga
    8. 3 buah bunga lawang/bunga sisir
    9. Sejumput jintan
    10. 1 lembar daun kari
    11. secukupnya Garam, gula dan kaldu jamur
    12. secukupnya Minyak goreng
    13. bumbu halus
    14. 10 butir kemiri
    15. 250 gr bawang merah
    16. 100 gr bawang putih
    17. 5 cm lengkuas
    18. 100 gr cabe kriting (optional klo ingin pedas)
    19. 4 sdm ketumbar
    20. 2 sdm kunyit bubuk

    Langkah

    1. Pertama-tama bersihkan ikan, buang bagian kepala dan isi perutnya. Cuci bersih. Lumuri ikan dengan persan air jeruk nipis. Diamkan -/+ 30 menit.

    2. Lumuri ikan dengan garam lalu kukus ikan selama 45 menit sampai ikan matang sempurna.

    3. Setelah ikan matang, pisahkan ikan dari tulang. Hal ini memerlukan ketelitian khusus dan ketelatenan ya teman-teman sambil ikan disuir-suir.

    4. Setelah daging ikan bersih dari tulang haluskan daging ikan. Sisihkan

    5. Panaskan wajan, beri minyak goreng secukupnya. Tumis bumbu halus hingga wangi lalu masukkan kapulaga, jintan, bunga lawang/bunga sisir, serai, daun-daunan (salam, jeruk, kari). Aduk rata

    6. Masukkan santan kental kedalam tumisan bumbu, aduk merata. Tambahkan daging ikan tadi bersama gula, garam dan kaldu jamur. Aduk terus hingga rata dan jangan lupa cek rasa ya. Aduk terus ikan sampai air mengering. Nah moms disinilah salah satu tingkat kerumitan bikin abon homemade setelah memisahkan daging ikan dari tulangnya. Teman-teman haruslah sabar dan ektra tenaga untuk mengaduk ikan serta mengeringkan ikan hingga benar-benar kering dan kandungan air dari ikan tersebut sekitar 10 %

    7. Setelah abon benar-benar kering. Matikan api dan dinginkan abon. Selanjutnya abon siap di santap ataupun di simpan. Oya simpan abon di dalam wadah yg kedap udara ya atau bisa juga disimpan di dalam kulkas ataupun frezeer. Kapan waktu di perlukan abon tinggal di panaskan. Oke selamat mencoba ya, semoga bermanfaat ????




    Itulah tadi Resep Abon Ikan Gabus (Abon Iwak Haruan) khas Banjarmasin, Semoga berguna untuk anda.Untuk mendapatkan resep masakan lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. Kami memiliki sekitar satu juta resep masakan yang tentunya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Abon Ikan Gabus (Abon Iwak Haruan) khas Banjarmasin diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Abon Ikan Gabus (Abon Iwak Haruan) khas Banjarmasin Dari rhietnaariestina diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Abon Ikan Gabus (Abon Iwak Haruan) khas Banjarmasin Dari rhietnaariestina dengan alamat Url: https://iznieviolet.blogspot.com/2019/03/resep-abon-ikan-gabus-abon-iwak-haruan.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.