Resep TAPE KETAN PUTIH Dari FB : Desi Eka Mulyawati (IG : lovpadda_ cakes)

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep TAPE KETAN PUTIH Dari FB : Desi Eka Mulyawati (IG : lovpadda_ cakes)
  • Resep TAPE KETAN PUTIH oleh FB : Desi Eka Mulyawati (IG : lovpadda_ cakes)

    Dibawah ini adalah cara memasak TAPE KETAN PUTIH. Resep TAPE KETAN PUTIH yang ditulis FB : Desi Eka Mulyawati (IG : lovpadda_ cakes) bisa disajikan 10 porsi.



    gambar untuk cara membuat TAPE KETAN PUTIH


    Resep TAPE KETAN PUTIH


    Porsi: 10 porsi

    Bahan-bahan

    1. 1 Kilogram Beras Ketan (kebetulan ada stok yang putih)
    2. 8 Gram Ragi Tape
    3. 300 Milli Air Kukusan Beras Tape (Kalau ketan hitam bisa ditambah airnya)
    4. 2 Sdm Gula Pasir (Saya tambah sendiri)

    Langkah

    1. Cuci beras ketan minimal 3 kali hingga bersih sampai airnya bening dan jangan lupa digosok gosok di jari tangan supaya kulit arinya lepas (ketan hitam) lalu tiriskan.

    2. Siapkan kukusan dan lapisin dengan alas, saya memakai daun pisang, pakai kain juga bisa pokoknya beras ketan jangan langsung ditempatkan pada penyaring kukusan. Tuangkan beras ketan yang sudah tiris dan siap dikukus.

    3. Masak beras ketan selama 15 menit hingga menjadi setengah matang. Cirinya ketika di sentuh dengan ujung jari ketan terasa empuk dan padat serta warnanya sudah berubah menjadi lebih transparan.

    4. Matikan api dan siapkan wadah yang cukup besar untuk menampung beras ketannya, aduk aduk hingga tidak menggumpal (buyar)

    5. Ambil air bekas kukusan beras ketan bukan dari air rebusan lain karena ini sudah steril, lalu guyurkan pada beras ketannya.

    6. Aduk aduk hingga rata dan air meresap ke dalam ketan, fungsi air ini adalah untuk membasahi ketan sehingga matang saat dikukus kedua kalinya.

    7. Cek kembali sisa air kukusan, tambahkan supaya air tidak kurang saat pengukusan.

    8. Kukus kembali beras ketannya selama 30 menit saja dan saya menggunakan api besar, pada tahap ini ketan tidak boleh bersentuhan lagi dengan tangan, bila mau ngecek matangnya cukup ambil dengan sendok karena kontaminasi bakteri dari tangan akan membuat fermentasi menjadi gagal.

    9. Sambil menunggu ketan yang sedang dikukus, kita siapin raginya... Hmmm ini dia bentuknya... Bulatan putih... Beratnya rupa rupa... Kemarin saya timbang cuma 6 gram jadi saya tambah sedikit lagi... Oh ya pemakaian ragi jangan terlalu banyak nanti tekstur ketannya menjadi hancur gitu dan air menjadi cukup banyak... Tapi tiap orang beda beda ya... Maksimal 2 butir untuk 1 kilogram beras ketan... ^^

    10. Hancur dan lembutkan ragi dengan gula pasir dengan punggung sendok hingga halus, sisihkan.




    Itulah Resep TAPE KETAN PUTIH, Harapan kami bermanfaat untuk anda.Untuk mencari resep masakan lainnya gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. anda bisa menemukan sekitar satu juta resep yang pastinya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep TAPE KETAN PUTIH diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep TAPE KETAN PUTIH Dari FB : Desi Eka Mulyawati (IG : lovpadda_ cakes) diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep TAPE KETAN PUTIH Dari FB : Desi Eka Mulyawati (IG : lovpadda_ cakes) dengan alamat Url: https://iznieviolet.blogspot.com/2018/12/resep-tape-ketan-putih-dari-fb-desi-eka.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.