Resep Lontong isi sayuran lembut dan gurih ala PeniCand Kiriman dari PeniCand

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Lontong isi sayuran lembut dan gurih ala PeniCand Kiriman dari PeniCand
  • Resep Lontong isi sayuran lembut dan gurih ala PeniCand oleh PeniCand

    Berikut ini resep memasak Lontong isi sayuran lembut dan gurih ala PeniCand. Resep Lontong isi sayuran lembut dan gurih ala PeniCand yang dishare oleh PeniCand bisa menjadi 12 porsi.



    gambar untuk resep makanan Lontong isi sayuran lembut dan gurih ala PeniCand


    Resep Lontong isi sayuran lembut dan gurih ala PeniCand


    Porsi: 12 porsi

    Bahan-bahan

    1. 2 1/2 gelas beras (gelas magic com)
    2. 100 ml santan kental (aku pakai 1/2 bungkus kara sedang)
    3. 7 gelas air (gelas magic com)
    4. 1/2 sdt garam
    5. Bahan isi :
    6. 1/4 kg wortel, kupas parut kasar
    7. 6 buah buncis, potong tipis
    8. 1 batang daun bawang, potong tipis
    9. 4 buah bawang putih, cincang halus
    10. sedikit mrica bubuk
    11. 1 sdt garam peres (sesukanya)
    12. 1/4 sdt gula pasir
    13. sesuai selera kaldu instan (bisa skip, )
    14. 1 buah dada ayam
    15. 12 buah cabe rawit (untuk yg suka pedas)
    16. Pembungkus :
    17. 12 potong daun pisang (agak lebar)

    Langkah

    1. Membuat isi dahulu ya : Daging ayam dipotong kecil, rebus beberapa saat sampai matang, lalu ambil dagingnya suwir agak kecil, sisihkan. Tumis bawang putih sampai harum dan menguning, masukkan daun bawang, aduk...masukkan ayam suwir, wortel dan buncis, aduk sedikit. Lalu tambahkan merica bubuk, garam, gula dan kaldu instan. Kalau kering, tambahkan sedikit air kaldu ayam (sekitar 50 ml)...tes rasa...setelah air asat, angkat dan sisihkan.

    2. Membuat nasinya : rebus air bersama santan sampai mendidih...masukkan beras yang sudah dicuci bersih, dan sedikit garam. Biarkan sampai air meresap ke beras, sambil sesekali diaduk biar beras ga nempel di panci. Tes rasa ya....kalau nasi kurang berasa bisa ditambah garam. Soalnya saya kalau masak ga berani garam. Setelah asat tanda nasi sdh setengah matang, angkat, dan diamkan sebentar sampai nasi agak hangat biar waktu ngepel2in nasi tangan ga kepanasan ^_^.

    3. Siapkan daun pisang...di lap sampai bersih...jerang diatas api sedikit...asal lewat aja biar daun layu ga kaku.

    4. Cara membuat lontong isi : ambil 2 sdm munjung nasi dikepel2 dan dipadatkan....(pakai alas plastik ya)...penyet nasi agak tipis, tengahnya taruh 1 sdm munjung isian, tutup dan rapatkan bentuk bulat memanjang, ky lemper/lontong. Besarnya sekitar 2 kali lemper atau 1/2 dari lontong biasa. Ulangi sampai habis....saya jadi 12. Terakhir, bungkus masing2 kêpêlan dengan daun seperti lontong, untuk penyemat bisa pakai lidi (aku pakai tusuk gigi), atau pakai stepler.

    5. Kemudian kukus sebentar sekitar 15 menit. Angkat,,,sajikan. Lontong isi ini gurih rasanya, dan lembut...anak kecilpun suka....asal ga ada ranjaunya ^-^. Kalau aku ngukus sesuai kebutuhan aja, sisanya masukin kulkas....bsk ngukus lagi....cuma ga bisa lebih dari 2 hari ya di kulkas.




    Demikianlah tadi Resep Lontong isi sayuran lembut dan gurih ala PeniCand, Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.Untuk mencari resep lainnya gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. anda bisa menemukan lebih dari satu juta resep yang tentunya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Lontong isi sayuran lembut dan gurih ala PeniCand diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Lontong isi sayuran lembut dan gurih ala PeniCand Kiriman dari PeniCand diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Lontong isi sayuran lembut dan gurih ala PeniCand Kiriman dari PeniCand dengan alamat Url: https://iznieviolet.blogspot.com/2018/09/resep-lontong-isi-sayuran-lembut-dan.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.