Resep Puding mozaik Kiriman dari dapureci

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Puding mozaik Kiriman dari dapureci
  • Resep Puding mozaik oleh dapureci

    Berikut ini resep Puding mozaik. Resep Puding mozaik yang dibuat oleh dapureci bisa menjadi .



    gambar untuk resep makanan Puding mozaik


    Resep Puding mozaik


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. bahan isi puding:
    2. 3 bungkus agar-agar jelly dengan warna yang berlainan,
    3. misal  hijau, kuning, merah (saya menggunakan merk Nutrijel)
    4. gula pasir
    5. air
    6. Note: takaran gula dan air untuk masing-masing agar-agar jelly
    7. mengikuti instruksi pada kemasan. Biasanya untuk 1 bungkus agar2
    8. jelly memerlukan 150 gram gula pasir dan 400 s/d 600 ml air
    9. bahan pelapis puding:
    10. 3 butir kuning telur
    11. 200 gram gula pasir
    12. 2 sendok teh vanilla extract atau 1/2 sendok teh vanilli bubuk
    13. 1 sendok makan jus lemon (optional)
    14. 100 ml susu kental manis
    15. 800-900 ml susu cair full cream
    16. (jika ingin tekstur keras gunakan 800 ml susu cair saja)
    17. 1 bungkus agar-agar plain tanpa warna

    Langkah

    1. Siapkan panci, masukkan 1 bungkus agar-agar jelly dan gula, aduk rata. Tambahkan sedikit air, aduk hingga serbuk agar-agar menjadi larut. Tuangkan sisa air lainnya, aduk rata.

    2. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga mendidih. Tuangkan ke loyang tipis, dan biarkan hingga dingin. Masak dua bungkus agar-agar jelly dengan warna lainnya dengan cara yang sama dan biarkan hingga dingin. Potong-potong masing-masing agar-agar jelly dengan ukuran 1.5 x 1.5 cm. 

    3. Tuangkan semua potongan agar-agar jelly ke dalam mangkuk besar, aduk rata.  

    4. Tuangkan potongan jelly ke dalam loyang tulban atau loyang puding diameter 23 cm. Sisihkan.

    5. Siapkan panci, masukkan gula pasir, telur, vanilla extract atau bubuk vanilli dan jus lemon (jika pakai).  Aduk dengan spatula balon dengan cepat hingga gula larut dan adonan menjadi kental, tambahkan susu kental manis, aduk hingga rata.

    6. Masukkan sekitar 250 ml susu cair (dari 900 ml susu cair yang tertera di resep) ke dalam adonan telur, aduk hingga rata. Sisihkan. 

    7. Note: jangan memasak lapisan puding susu terlalu lama hingga mendidih, karena akan membuat susu pecah dan terpisah antara lemak dan airnya, akibatnya di puding akan membentuk lapisan yang terpisah. Ketika muncul letupan pertama di permukaan puding segera angkat dari api.  

    8. Dengan menggunakan spatula, aduk perlahan agar larutan puding  bisa masuk hingga ke dasar loyang dan potongan jelly mampu menyebar merata tidak bergerombol dan bertumpukan. Diamkan puding hingga uap panasnya menghilang dan masukkan kechiller kulkas hingga keras. 

    9. Note: banyak yang mengeluhkan ketika puding dipotong maka potongan jelly terlepas dari lapisan putih agar-agarnya dan berhamburan, ini terjadi karena masing-masing potongan jelly melekat rapat dan tidak terlapisi lapisan putih dengan baik. Fungsi lapisan putih adalah sebagai perekat, jadi pastikan ketika adonan lapisan puding putih masuk, aduklah perlahan potongan jelly di loyang sehingga masing-masing jelly terlepas dan terlumuri oleh lapisan agar-agar dengan baik.

    10. Mengaduk juga bertujuan untuk menyebarkan jelly merata ke seluruh bagian loyang.  




    Itulah tadi Resep Puding mozaik, Semoga saja berguna untuk anda.Untuk menemukan resep yang yang lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. Kami memiliki lebih dari satu juta resep makan dan minuman yang tentunya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Puding mozaik diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Puding mozaik Kiriman dari dapureci diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Puding mozaik Kiriman dari dapureci dengan alamat Url: https://iznieviolet.blogspot.com/2018/04/resep-puding-mozaik-kiriman-dari.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.