Resep Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi Dari bundadewi

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi Dari bundadewi
  • Resep Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi oleh bundadewi

    Berikut ini adalah resep cara membuat Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi. Resep Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi yang dishare oleh bundadewi bisa disajikan 20 porsi.



    resep makanan Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi


    Resep Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi


    Porsi: 20 porsi

    Bahan-bahan

    1. 3 lonjor ubi kayu / singkong, kupas kulitnya
    2. 1 sisir pisang kepok (pilih yang tidak terlalu matang)
    3. 500 gr kolang kaling
    4. 200 gr gula merah / gula aren
    5. 1/2 kg gula pasir, larutkan di air secukupnya
    6. 400 ml santan kental atau 2 kotak sunkara santan instan
    7. 3-4 helai daun pandan, cuci dan disimpul
    8. secukupnya vanili
    9. secukupnya garam

    Langkah

    1. Ubi kayu/singkongnya segini :-)

    2. Cuci bersih ubi kayu dan kolang kaling

    3. Iris tipis gula merah, rebus di air matang dan setelah agak dingin disaring biar bersih dari ampasnya. Rebus jg kolang kalingnya.

    4. Sambil menunggu, potong-potong ubi kayu sesuai selera. Disarankan jgn terlalu besar agar singkong cepat empuk.

    5. Siapkan panci ukuran besar, isi air setengahnya, masukkan daun pandan, rebus sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan singkong yang sudah dipotong-potong. Tutup panci dan biarkan kurang lebih 15 menit. Sambil menunggu, potong2 kolang kaling belah jadi 2.

    6. Masukkan kolang kalingnya, tutup lagi dan tunggu 5 menit.

    7. Buka tutup panci, masukkan gula merah dan gula pasir yang sudah dicairkan tadi. Aduk pelan. Tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih coba ambil satu singkong dan rasakan, jika belum empuk tutup panci dan tunggu hingga singkong terasa empuk. Jika sudah empuk lanjut ke langkah berikutnya.

    8. Tuang santan instan yang sebelumnya sudah dikocok/dicampur dengan air (jangan langsung dimasukkan ke panci biar tidak menggumpal). Aduk pelan hingga rata.

    9. Setelah mendidih, taburi garam dan vanili. Lalu masukkan potongan pisang. Tunggu sampai mendidih.

    10. Sudah jadiii.. Cicip dan koreksi rasa. Jika kurang manis bisa ditambahkan gula pasir (kebetulan saya suka manis dan tetap enak karena nanti mau ditambahkan es balok). Tapi jika menurut anda kemanisan, boleh tambahkan air. Setelah rasanya sudah pas, matikan api.




    Demikianlah tadi Resep Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi, Mudah-mudahan berguna untuk pembaca sekalian.Untuk mencari berbagai resep makanan dan minuman lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. terdapat lebih dari satu juta resep yang tentunya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi Dari bundadewi diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Kolak singkong pisang kepok kolang kaling nikmat ala Bunda Dewi Dari bundadewi dengan alamat Url: https://iznieviolet.blogspot.com/2015/07/resep-kolak-singkong-pisang-kepok.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.